Bill Gates : Father of Microsoft

11.26.2012 | comments


Rasanya terlalu banyak kata yang bisa diungkapkan untuk tokoh yang satu ini. Pria bernama lengkap William Henry Gates III, kelahiran Seattle, 58 tahun silam ini adalah seorang tokoh bisnis, filantropis sekaligus penulis asal Amerika Serikat. Kali ini kita akan menelusuri perjalanan panjang karir pria yang dikenal dengan nama Bill Gates.


Masa Kecil Gates
Gates lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955, dari pasangan William H. Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates. Gates kecil terkenal sangat pintar dan bersekolah di Lakeside School yang merupakan sekolah unggulan ternama di Seattle. Di sekolah ini pula Gates pertama kali berkenalan dengan sebuah model komputer sederhana ASR-33. Ia dengan cepat menguasai bahasa pemrograman BASIC.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973 dengan memperoleh nilai 1590 dari total 1700 pada saat ujian SAT dan mengantarkannya ke universitas bergengsi Harvard College. Saat kuliah, Gates sering tertidur di kelas karena malamnya terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer. Karena keterbatasa waktu, akhirnya ia memutuskan berhenti kuliah dan mendirikan perusahaan sendiri.



Lahirnya Microsoft
Bill Gates dan teman masa kecilnya yang juga menggemari pemrograman komputer, Paul Allen, berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki. Mereka berdua secara resmi mendirikan Microsoft pada tanggal 4 April 1975 dengan nama awal “Micro-Soft” dan mengangkat Gates sebagai CEO. DI bulan Agustus 1977, perusahaan ini menjalin perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang, yang menjadi awal berdirinya kantor internasional pertama “ASCII Microsoft”. Pada tahun-tahun awal berdirinya Microsoft, semua karyawan memiliki tanggung jawab atas bisnis perusahaan dimana Gates mengawasi langsung rincian bisnis sekaligus tetap menulis kode-kode komputer.

Sejak awal berdirinya Microsoft tahun 1975 hingga kini, Gates mempunyai tanggung jawab besar terhadap strategi produk perusahaan. Ia secara agresif memperluas jajaran produk perusahaan dan terus berhasil mempertahankan dominasi Microsoft di pasar hingga saat ini. Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lamanya di perguruan tinggi dan karyawan Microsoft sejak 1980. Ia juga menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak.



Sebagai pribadi yang terkenal eksentrik, Gates juga beberapa kali tersandung kasus hokum, terutama dengan berbagai kebijakannya yang dianggap memonopoli dan persaingan tidak sehat. Seperti pada kasus United States VS Microsoft pada tahun 1998 yang berujung dengan kekalahan Microsoft.

Meninggalkan Microsoft Beralih ke Filantropis
Pada tahun 2006, Gates secara resmi mengundurkan diri dari Microsoft dan mulai melanjutkan kegiatan amalnya (filantropis) melalui yayasan amalnya yang telah berdiri sejak tahun 2000, Bill & Melinda Gates Foundation. Menurut data dari sumber terkemuka, saat ini, Bill & Melinda Gates Foundation merupakan yayasan amal yang beroperasi secara transparan terbesar di dunia. Pada tahun 2007, Bill dan Melinda Gates merupakan filantropis paling dermawan kedua di Amerka Serikat, dengan sumbangan untuk amal sebanyak $28 miliar. Hingga kini, keduanya masih aktif dalam menjalankan yayasan amal milik mereka.



Penghargaan
Pada tahun 1987 Gates secara resmi tercatat dalam halaman majalah Forbes sebagai salah satu miliarder dalam “400 Orang Terkaya di Amerika Serikat”. Majalah Time memasukkannya sebagai “100 Orang Paling Berpengaruh pada abad ke-20”. Beberapa penghargaan serta gelar juga berhasil ia peroleh dari berbagai Negara seperti Belanda, Swedia, Amerika Serikat, Cina, Jepang, Inggris dan beberapa Negara lainnya. Bill Gates juga tercatat beberapa kali sebagai orang terkaya di Amerika Serikat. Kekayaannya tahun ini (2012) disinyalir mencapai USD $ 66 Milyar, meningkat 10 persen dibanding tahun sebelumnya.



Bagaimana gamer, terinspirasikah kalian dengan tokoh yang satu ini? Jangan pernah menyerah untuk terus mencoba dan belajarlah dari kegagalanmu di masa lalu.

~ "It's fine to celebrate success, but it is more important to heed the lessons of failure." – Bill Gates ~

Sumber : Game8Indo
Share this article :

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini. Komentar kalian sangat berarti bagi saya.

Fortmat untuk Komentar :
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama Anda
3. Isikan URL (Blog/Website/FacebookTwitter/Email/Kosongin)
4. Isikan Komentar
5. Poskan Komentar

 
Support : di-Klikz.com | Copyright © 2011. Ndrew Blog - All Rights Reserved
This Website is Powered by Blogger