Kode Morse

6.17.2012 | comments (1)

Sebelumnya, NdrewBlog mau Minta maaf nih, soalnya baru sempet nulis sekarang. berhubung karna US yang trus numpuk -_-" . ini juga disempetin pas Half Time Euro 2012..hhaha (ngelawak =D )
Ada yang pernah dengar kata yang kayak diatas gak sobat ?? atau pernah denger2 atau liat dalam film" barat ? penggemar film barat pasti udh pernah tau, karena kode ini juga sering ada apalagi film action dalam keadaan darurat (maksudnya apa ya ?? haha) .Yap !!! :D yang udh jawab dan jawabannya benar SELAMAT ! hehe.. KODE MORSE itu adalah, suatu kode rahasia yang sering dipakai didalam komunikasi darurat , baik saat berada di laut maupun di tempat lain. Kode morse juga ada didalam kepramukaan dan dalam kepanduan yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi.


Kode morse diberi nama sesuai dengan nama pembuat kode tersebut, yaitu Samuel F. B. Morse dan juga Alfred Veil pada tahun 1835.

<<<-----Samuel F.B Morse (Salah Satu Penemu/Pembuat Kode Morse)



Kode Morse
adalah sebuah sandi rahasia yang mewakili huruf, angka, dan tanda dengan simbol titik dan garis. Sebagaimana fungsi sandi lainnya, fungsi kode morse juga sama, yaitu untuk mengirimkan pesan rahasia yang tidak boleh diketahui oleh orang banyak dan hanya orang tertentulah (yang mengetahui kode morse) yang dapat mengetahuinya.
yang Dibawah ini Namanya Kode morse sobat :D

Durasi pengiriman kode morse diukur dalam satuan Kata Per Menit (WPM), dan berkisar di antara 8-50 WPM di dalam penggunaannya secara umum melalui jaringan radio atau media lain.

Beberapa metode umum digunakan untuk memudahkan penghafalan kode ini, baik visual, auditori dan metode lain yang masih terus berkembang.


Kode morse juga masih dicantumkan dalam pedoman radiotelepon Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), walaupun hanya digunakan dalam keadaan tertentu saja. Pelayaran sipil juga masih menggunakan kode morse untuk komunikasi jarak jauh.
Sinyal yang paling umum disepakati dan digunakan dalam Kode Morse adalah sinyal SOS (... --- ...), yaitu kode yang digunakan sebagai tanda adanya bahaya yang telah disepakati oleh berbagai perjanjian maritim internasional, dan di beberapa negara dan wilayah menggunakan tanda ini di luar situasi gawat darurat dapat berakibat kepada ancaman hukuman. Kapal yang berada dalam bahaya dapat mengirimkan tanda ini sebagai sinyal darurat, baik dalam bentuk sinyal radio, lampu tanda, peluit atau bendera.

Keuntungan dari kode morse adalah alat komunikasi yang bisa digunakan untuk mengirimkan kode sangat sederhana dan mudah didapat. Cara biasa tentunya adalah dengan menggunakan pensil, pena, atau alat tulis lainnya. Kemudian, Anda tuliskan kodenya di atas kertas atau media tulis lainnya. Kode morse juga bisa disampaikan dengan menggunakan lampu senter atau dengan peluit. Jika Anda menggunakan senter, nyalakan senternya sebentar untuk melambangkan titik dan nyalakan lebih lama untuk melambangkan garis. Jika menggunakan peluit tidaklah jauh berbeda. Tiup peluit sebentar untuk melambangkan titik dan tiup peluit Anda lebih lama untuk melambangkan garis.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan asap. Jika Anda tersesat di tengah hutan, carilah kayu bakar dan buatlah api unggun. Tunggu sampai api unggunnya menghasilkan asap dan tutup api unggun tersebut. Tujuan kita menutup api unggun adalah untuk mencegah asapnya keluar, bukan untuk mematikan api tersebut. Begini cara kerja kodenya. Bukalah tutup api yang tadi sebentar sehingga asap yang keluar tidak banyak. Ini kita gunakan untuk melambangkan titik. Bukalah tutup api tadi lebih lama untuk mengeluarkan lebih banyak asap dan asap yang ini kita gunakan untuk melambangkan garis.

Jika Anda memiliki handphone, walkie talkie, radio komunikasi, atau alat komunikasi lainnya, Anda bisa menyampaikan kode morse dengan menggunakan suara Anda. Anda bisa mengucapkan “titik” untuk melambangkan titik dan ucapkan “garis” untuk melambangkan garis. Tetapi, bukankah ini terlalu jelas? Orang dengan cepat akan menyadari bahwa ini adalah kode morse.

Cukup Dulu Buat penjelasan Kode morse Sobat, :D lain waktu ane beri deh Tutor buat sobat yang kepengen melajarin ni kode :) Jgn lupa follow blog, dan twitter ane, Like facebook dan Add facebook gw..hehe :D
Keep Techno Sobat :D


Share this article :

+ comments + 1 comments

ini yang saya cari terimakasih gan info nya sangat membantu

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini, jika ada kesalahan pada artikel yang saya posting, atau ada link mati, dan jika ada saran untuk kemajuan blog ini, silahkan tulis komentar dibawah ini. Komentar kalian sangat berarti bagi saya.

Fortmat untuk Komentar :
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama Anda
3. Isikan URL (Blog/Website/FacebookTwitter/Email/Kosongin)
4. Isikan Komentar
5. Poskan Komentar

 
Support : di-Klikz.com | Copyright © 2011. Ndrew Blog - All Rights Reserved
This Website is Powered by Blogger